close
amanah

Kemarin ngobrol sama saudara, yang intinya galau karena kenapa sampai sekarang anaknya belum juga dikaruniai keturunan padahal sudah lama menikah. Sebenarnya bukan karena pengen menimang cucu tapi lebih pada agar anaknya bisa berubah dari sifat high temper, selfish (egois) dll. Orang tua berharap saat dulu anaknya menikah setidaknya bisa mengurangi, tapi ternyata itu belum dirasa cukup.

Harapan berikutnya adalah saat anaknya memberikan cucu, mungkin dapat berubah lebih baik lagi. Cukup lama aku mendengarkan curhatan saudaraku ini.

Sampai pada kesempatan aku menyampaikan pendapatku, bahwa Tuhan pasti kasih amanah kepada umatnya misal dikaruniai anak, jika Tuhan menganggap umatnya sudah siap. Kalau umatnya masih bergulat dengan ego, ukuran-ukuran tertentu yang cuma diyakini sendiri, padahal misal pasangan atau orang-orang disekitarnya sudah mensupport-nya, tentunya bisa saja amanah belum diberikan kepadanya. Karena itu semua hak prerogatifNYA. Atau, emosi sudah stabil, ekonomi sudah terselesaikan, semua kebutuhan pokok bahkan kebutuhan tersier tercukupi tapi belum diberikan amanah, pasti DIA punya kehendak tersendiri. Ini prerogatifNYA. Melayakkan dirilah. Tapi bukan hanya hal ini, variabel-variabel lain tentu bisa berpengaruh.

Aku cuma bilang jadilah orang tua selayaknya orang tua saat saudaraku menyampaikan bahwa ini salahnya, orang tua dan anak tidak mungkin lahir bersamaan, waktu juga berbeda, lingkungan berbeda, keinginan juga berbeda dan jika anak menuntut orang tua harus sepemikiran itu wajar saja tapi TIDAK bijaksana karena ukuran dan merk kolor juga berbeda saat mereka dilahirkan. Sangat TIDAK BIJAKSANA lagi jika membandingkan orang tua kita dengan orang (tua) lain, walaupun orang itu sepemahaman dengan kita. Memang sih anak bergantung orang tuanya, tapi jika sudah tahu seperti seharusnya ya lakukan saja tanpa alasan apapun.

Udah paham kan sayang….

#?meditasi_toilet

view 39 times.

Tags : amanahantokoemelayakkan
antokoe

The author antokoe

1 Comment

Leave a Response

Prove to me if you're Human? *